4 Manfaat Kopi Hijau Bagi Tubuh Manusia

4 Manfaat Kopi Hijau Bagi Tubuh Manusia

Kopi hijau merupakan salah satu variasi kopi yang saat ini cukup digemari para penikmat kopi. Jenis kopi ini adalah dari biji kopi yang belum dipanggang dan mengandung asam klorogenat yang tinggi karena tidak melewati proses pemanggangan.

Dilansir banyak peneliti bahwa asam klorogenat memiliki banyak manfaat bagi kesehatan sehingga banyak pihak menganggap jenis kopi satu ini lebih sehat dibandingkan kopi biasa. Bahkan dapat dijadikan sebagai minuman untuk berdiet.

Manfaat Mengonsumsi Kopi Hijau

Adanya asam klorogenat membuat banyak orang menggunakan jenis kopi ini sebagai salah satu minuman kesehatan ditambah dengan kandungan kafein di dalamnya. Manfaat lain yang bisa didapatkan adalah:

1.     Menurunkan Darah Tinggi

Bagi Anda yang memiliki masalah darah tinggi mengonsumsi minuman dari biji kopi yang belum dipanggang juga dapat membantu menurunkan tekanan darah. Penelitian dari Clinical and Experimental Hypertension tahun 2006 membuktikan mengonsumsi ekstrak biji kopi belum dipanggang sebesar 140 mg mampu menekan tingginya tekanan darah.

Minuman kopi yang belum dipanggang ini dapat dikonsumsi setiap hari dan akan menunjukkan hasil setelah dikonsumsi selama beberapa waktu. Namun, penggunaannya tidak boleh lebih dari 140 mg per hari.

2.     Menurunkan Berat Badan

Asam klorogenat dapat diserap dengan mudah oleh tubuh manusia sehingga benar-benar dapat membantu proses penurunan berat badan. Konsumsi dalam jumlah yang tepat dapat membantu tubuh mengurangi lemak dan membuat badan lebih langsing.

Selain itu, tingkat kafein di dalam biji kopi yang belum dipanggang juga menyuntikkan semangat dalam tubuh. Saat ini sudah banyak produsen kopi meluncurkan produk biji kopi yang belum dipanggang sehingga lebih mudah mendapatkannya.

3.     Antioksidan

Biji kopi dikenal mengandung zat antioksidan yang mampu menekan efek radikal bebas dalam tubuh manusia. Konsumsi biji kopi yang belum dipanggang akan membantu Anda mencegah efek radikal bebas yang dapat merusak sel-sel tubuh manusia dan mampu membantu mencegah kanker.

4.     Meningkatkan Kinerja Kognitif dan Mood

Kandungan kafein dalam kopi sudah dikenal sebagai zat yang mampu mengubah suasana hati dan kinerja otak. Banyak orang yang memanfaatkan kopi untuk menyuntikkan semangat di pagi hari dan memperbaiki mood.

Secangkir kopi yang belum dipanggang mampu meningkatkan kinerja otak sehingga membuat produksi ide dan inovasi lebih mudah muncul serta membuat Anda lebih kreatif. Selain itu, ketika mood sedang buruk atau suasana hati kurang baik, secangkir kopi juga dapat membantu memperbaikinya.

Biji kopi yang belum dipanggang memang belum terlalu populer di Indonesia. Namun, sudah mulai dilirik karena memiliki rasa khas dan kaya manfaat. Saat ini, menemukan produk kopi hijau sudah lebih mudah. Penasaran dengan rasanya, Anda dapat mencoba Nescafe Green Blend dengan paduan ekstrak natural kopi yang belum dipanggang, krimer, dan gula. Dijamin rasanya benar-benar nikmat.