5 Aturan Minum Kopi untuk Ibu Hamil yang Wajib Diketahui

5 Aturan Minum Kopi untuk Ibu Hamil yang Wajib Diketahui

Kopi memang menjadi salah satu jenis minuman favorit bagi banyak orang. Bahkan tak sedikit orang yang tidak bisa menjalani aktivitas dengan baik jika belum minum kopi. Lalu, bagaimana dengan ibu hamil? Bolehkah ibu hamil minum kopi? Jawabannya adalah boleh, selama memang kopi tersebut dinikmati sesuai dengan aturan dan batasan yang aman.

Aturan Minum Kopi

Ibu hamil memang wajib menjaga asupan makanan serta nutrisi yang dikonsumsi. Jenis minuman yang bisa masuk ke tubuh juga harus diperhatikan dengan baik. Kopi menjadi salah satu minuman yang harus dikonsumsi secara hati-hati oleh ibu hamil. Berikut ini adalah 5 aturan penting minum kopi bagi ibu hamil yang wajib untuk diperhatikan:

1.                 Mulailah di Trimester Kedua

Jika memang ingin mengonsumsi kopi, maka usahakan untuk mulai meminumnya di trimester kedua. Trimester pertama merupakan masa-masa yang rawan bagi janin dalam kandungan. Ibu hamil harus benar-benar menjaga kondisi kehamilan sebaik mungkin di saat trimester pertama. Selain itu, konsultasikan juga dengan dokter saat Anda akan mulai minum kopi di masa kehamilan.

2.                 Batasi Dosis Kopi

Sangat penting untuk membatasi dosis kopi yang akan dikonsumsi. Jika ada pertanyaan bolehkah ibu hamil minum kopi, maka jawabannya memang ya boleh. Hanya saja dosis kopi yang diminum harus dibatasi. Silakan mengonsumsi 1 cangkir kopi dalam 1 hari untuk menjaga agar asupan kafein yang masuk ke dalam tubuh tidak berlebihan dan tidak berdampak buruk bagi janin.

3.                 Konsumsi setelah Makan

Ibu hamil yang ingin minum kopi sebaiknya memastikan bahwa lambung tidak berada dalam kondisi kosong. Lambung harus sudah terisi makanan agar tidak terjadi gangguan asam lambung setelah minum kopi. Namun, jangan mengonsumsi kopi langsung setelah makan. Berikan jeda 1 jam agar nutrisi dari makanan tidak terikat oleh kafein dalam kopi dan tetap bisa diserap oleh tubuh.

4.                 Pilih yang Rendah Kafein

Cobalah untuk meminum jenis kopi yang rendah kafein. Tipe kopi seperti ini disebut dengan nama kopi decaf yang kadar kafeinnya sudah diatur sampai level paling rendah. Tipe kopi yang direkomendasikan untuk ibu hamil adalah kopi arabika karena kandungan kafeinnya paling rendah dibandingkan robusta yaitu hanya sekitar 0,8 sampai 1,4%.

Ibu hamil yang ingin minum kopi sebaiknya menghindari jenis kopi yang diberi tambahan pemanis berlebih. Konsumsilah kopi dalam batas aman dan jangan menggunakan bahan pemanis tambahan yang terlalu banyak. Menjaga asupan gula yang masuk ke tubuh selama hamil sangat penting demi kesehatan diri sendiri maupun janin yang ada di dalam kandungan.

Jadi, bolehkah ibu hamil minum kopi? Kini Anda sudah tahu jawabannya dan bisa mengonsumsi kopi dengan aman. Pastikan untuk menghindari konsumsi kopi di trimester 1 dan terus konsultasikan kondisi kehamilan dengan dokter kandungan Anda.