5 Manfaat Olahraga Bulutangkis untuk Anak

5 Manfaat Olahraga Bulutangkis untuk Anak

Jika Anda memiliki halaman yang luas di rumah, olahraga di luar ruangan bisa menjadi solusi kegiatan fisik yang bermanfaat. Anda bisa mengajak anak-anak untuk melakukan olahraga rutin tergantung dengan jadwal kesibukan masing-masing. Namun, orangtua harus aktif mengajak olahraga yang bisa dilakukan di rumah bersama anak secara rutin. Bisa ajak anak memilih jenis olahraga yang paling disukai, misalnya bulutangkis.

Manfaat olahraga bulutangkis bagi kesehatan tubuh

Tidak hanya sekadar mengeluarkan keringat saja, olahraga bulutangkis bisa memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh berikut :

 1.  Bisa meningkatkan kesehatan organ paru-paru

Kesehatan organ paru-paru anak yang bermain bulutangkis dengan teknik bergerak, berlari, meloncat, dan lain-lain bisa melancarkan sirkulasi dalam darah. Kesehatan dan fungsi organ paru-paru bisa lebih optimal sehingga anak memiliki stamina prima sesuai perkembangan usia mereka.

Dewasa ini, anak-anak atau remaja bisa mengalami risiko terkena penyakit kronis akibat pola hidup yang tidak sehat di era Millenial. Anda jelas bisa mengurangi risiko buruk kesehatan dengan melatih anak melakukan aktivitas fisik alih-alih bermain gawai terus menerus. Hipertensi dan diabetes bisa menyerang anak-anak sejak usia remaja hingga produktif bukan sekadar penyakit umum para lansia saja, lho!

2.  Meningkatkan kepadatan tulang

Pada masa pertumbuhan si kecil, Anda perlu upaya untuk meningkatkan kepadatan tulang mereka. Risiko osteoporosis pada usia lansia tidak akan terjadi bila Anda memberikan asupan nutrisi terbaik serta mengajarkan aktivitas fisik yang baik. Olahraga bulutangkis bisa mengurangi tekanan pada tulang si kecil, bahkan orang dewasa pun.

3.  Mengoptimalkan kesehatan jantung

Anda yang rutin melakukan olahraga bulutangkis bersama si kecil bakal memiliki jantung yang lebih sehat. Anak-anak bisa mendapatkan fungsi jantung yang optimal sejak usia dini. Sirkulasi darah menjadi lancar dan produktivitas harian lebih meningkat, kenapa tidak?

4.  Bisa meningkatkan kecerdasan otak dan gerak refleks

Anak-anak yang gemar bermain bulutangkis memiliki tingkat kecerdasan otak yang lebih baik, meningkatkan gerak refleks, lebih gesit dan lincah serta mampu meningkatkan kekuatan otot tubuh.

5.  Bisa menekan risiko stress

Anak-anak yang terlalu banyak belajar atau mengerjakan tugas sekolah rawan mengalami stress. Demi menghilangkan stress dan relaksasi pikiran, olahraga yang bisa dilakukan di rumah selama pandemi wajib Anda lakukan bersamanya.

Toh, olahraga bulutangkis di rumah saja merupakan tindakan tepat dalam memutus rantai penyebaran virus corona, alih-alih di tempat latihan umum. Bulutangkis juga membantu anak untuk belajar strategi dan memiliki mental yang baik dalam sebuah pertandingan sejak kecil.

Yuk, tingkatkan stamina tubuh si kecil dengan mengajaknya berlatih bulutangkis mandiri! Olahraga yang bisa dilakukan di rumah adalah solusi kegiatan fisik paling efektif selama pandemi virus corona belum berakhir di Indonesia. Tubuh yang sehat dan memiliki imunitas yang bagus bisa terhindar dari risiko penyakit termasuk virus corona. Nah, sudahkah Anda membeli set perlengkapan melakukan olahraga bulutangkis di rumah saja?