Buah dan Sayur Untuk Membuat Jus Penurun Kolesterol

Buah dan Sayur Untuk Membuat Jus Penurun Kolesterol

Pola hidup sehat harus dijalankan untuk membantu menurunkan kolesterol. Bentuklah kebiasaan hidup yang baik setiap hari secara konsisten untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Salah satunya bisa juga dengan mengonsumsi jus penurun kolesterol setiap harinya. Jus atau smoothie merupakan pilihan praktis untuk membantu menurunkan kolesterol.

Jus Untuk Menurunkan Kolesterol

  1. Pisang

Apabila ingin membuat smoothie, pisang dapat menjadi pilihan. Jadikan pisang sebagai bahan dasar kemudian tambahkan beberapa bahan lainnya untuk meningkatkan manfaat dan rasa smoothie pisang. Pisang juga kaya akan Vitamin C, Kalium, Vitamin B6, serat larut dan Magnesium.

  1. Alpukat

Alpukat juga bisa dijadikan sebagai jus, pembuatannya juga mudah cukup diblender saja. Anda bisa menambahkan buah-buahan lain seperti blueberry, mangga, ataupun pisang sesuai selera. Sama seperti pisang, alpukat juga memiliki kandungan serat halus dan juga lemak tak jenuh tunggal yang mampu menurunkan kolesterol jahat.

  1. Pomegranate

Buah pomegranate memiliki kandungan antioksidan yang tinggi yaitu polifenol. Kandungan antioksidannya yang tinggi dapat menangkal radikal bebas dan mengurangi kadar kolesterol jahat. Rasanya memang sudah manis dan enak sehingga tidak perlu campuran apapun namun anda tetap boleh menambahkan bahan lainnya sesuai keinginan asalkan aman untuk penderita kolesterol.

  1. Apel

Buah lainnya yang bisa dijadikan sebagai jus yaitu apel. Apel juga memiliki kandungan antioksidan polifenol, serat larut pektin, dan sterol yang dapat menurunkan kolesterol. Saat memblender apel, tidak perlu disaring dan sebaiknya minum bersama ampasnya agar kandungan serat pektinnya tidak berkurang.

  1. Wortel

Jus bukan hanya bisa dibuat dari buah-buahan namun juga dari sayuran salah astunya yaitu wortel. Setiap 128 gram wortel memiliki 4,6 g serat makanan diantaranya adalah 2,4 g serat larut.

  1. Bayam

Bayam juga bisa dijadikan sebagai jus untuk menurunkan kolesterol meskipun rasanya yang hijau namun lebih sehat. Bayam kaya akan kandungan antioksidan dan lutein karotenoid. Kandungan ini bisa membantu mengurangi kadar kolesterol. Bayam bahkan memiliki kandungan vitamin A, vitamin C, vitamin K1, zat besi, asam folat, dan kalsium.

Tips Sebelum Membuat Jus

Sebelum membuat jus, pastikan buah dan sayur telah dicuci hingga bersih menggunakan air mengalir. Untuk menjaga kesegarannya, masukkan ke dalam kulkas apabila tidak ingin langsung dikonsumsi. Namun tentu tidak semuanya harus dimasukkan ke dalam kulkas.

Tidak semua jenis buah atau sayuran bisa didinginkan. Namun, untuk pilihan di atas, pastikan untuk menyimpannya di lemari es dengan suhu sekitar 4,4 ° C, terutama jika Anda memotong buah atau sayuran 2 jam yang lalu. Dengan cara ini, buah dan sayur akan awet.

Selain minum jus penurun kolesterol, Anda juga bisa mengonsumsi Nestlé ACTICOR 2X sehari setelah makan. Hal ini karena Nestlé ACTICOR kaya akan dua jenis serat larut yang telah terbukti secara klinis dapat menurunkan kadar kolesterol jahat LDL, yaitu β-glukan yang diekstrak dari oat dan inulin yang diekstrak dari akar sawi putih.