Cari Tahu Tentang Keputihan Pada Anak

Tags: , , , ,

Cari Tahu Tentang Keputihan Pada Anak

Keputihan pada orang dewasa mungkin hal wajar. namun, bagaimana bila terjadi pada anak-anak. Sebagai orang tua pasti akan langsung khawatir. Apalagi keputihan muncul di area vital. Pasti anda penasaran, apakah keputihan berbahaya bagi anak-anak. Apa penyebabnya dan dan bagaimana gejala yang muncul. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini, kita akan membahas semua hal tentang keputihan pada anak.

Apa itu Keputihan Pada Anak

Keputihan normal bertujuan untuk melembabkan dan membersihkan area vagina. Selain itu membantu melawan dan mencegah infeksi. Biasanya keputihan muncul pada siklus menstruasi wanita. Keputihan yang normal dan tidak, bisa dibedakan dari tekstur, warna dan jumlahnya. Pada anak, keputihan juga muncul pada area vital. Bercak keputihan tidak hanya berwarna putih tapi juga kuning, merah dan kehijauan.

Keputihan anak yang umum tidak berbau, berwarna beningĀ  dan tidak menimbulkan rasa gatal atau panas di area vagina. Jika ciri-cirinya diluar itu, anda harus melakukan pemeriksaan ke dokter.

Penyebab Keputihan Pada Anak

Penyebab keputihan anak dibagi menjadi dua yaitu keputihan patologis dan keputihan fisiologis. Keduanya memiliki penyebab dan cara penanganan yang berbeda.

  • Keputihan patologis

Keputihan patologis disebabkan oleh infeksi bakteri, jamur dan bakteri. Biasanya ini berasal dari benda asing yang sering terkena area vagina anak. Seperti kertas toilet, handuk dan lainnya. selain itu bisa disebabkan oleh benda non infeksi. Seperti parfum, salep, bedak, pelembut pakaian, detergen atau cairan lainnya

Kondisi keputihan yang berbahaya adalah vaginitis. Keputihan ini disebabkan oleh penyakit menular seksual karena bakteri dan virus. Anda bisa mencurigai orang yang ada disekitar anak. Mungkin telah dilakukan pelecehan seksual pada anak. Apalagi di kecil merasa tidak nyaman dan gatal di area vagina. Cairan keputihan berbau tidak sedap dan anak demam. Anda harus segera membawanya ke dokter.

  • Keputihan Fisiologis

Keputihan fisiologis yang normal ditandai dengan cairan yang berwarna putih atau bening. Dan tidak mengeluarkan bau sama sekali. Biasanya hal ini dikarena penggunaan pakaian dalam yang kurang bersih atau kurang tepat. bisa juga disebabkan oleh penggunaan popok yang salah atau pembersihan vagina yang kurang bersih.

Oleh karena itu moms harus membersihkan area vagina dengan bersih. Sebelum menggunakan popok, area vagina harus kering. Anda bisa menggunakan tisu kering yang lembut atau kain untuk mengeringkan area kelamin anak. Popok sekali pakai juga harus diganti secara rutin. Jangan menggunakannya sampai 4 jam lebih.

Keputihan anak tidak berbahaya bila memiliki ciri-ciri keputihan normal. Seperti cairan bening, tidak berbau dan tidak menimbulkan gatal. namun bila ketiga ciri tersebut tidak ada, anda harus segera membawanya ke dokter. apalagi anak merasa tidak nyaman di area vaginanya. Jangan gunakan obat sembarangan, karena bisa membahayakan. Terutama untuk anak dibawah satu tahun. Untuk mengetahui artikel parenting lainnya, anda bisa cek di orami.com.