Jangan Konsumsi 5 Makanan ini Secara Berlebihan Karena Mampu Lemahkan Sistem Imun Tubuh

Tags: , , , , , , ,

Jangan Konsumsi 5 Makanan ini Secara Berlebihan Karena Mampu Lemahkan Sistem Imun Tubuh

Tubuh manusia memiliki sistem pertahanan yang sangat menakjubkan yang dikenal dengan nama sistem imunitas. Sistem imun tubuh adalah sebuah sistem yang memiliki fungsi sebagai garda terdepan untuk menghancurkan berbagai sumber penyakit yang masuk ke dalam tubuh. Sistem tersebut terdiri atas, keping darah atau trombosit, limfosit, leukosit dan benang-benang fibrin.

Namun, ketahanan tubuh juga perlu didukung dengan asupan nutrisi dari makanan yang dikonsumsi tubuh setiap harinya. Usahakan setiap hari mengonsumsi buah dan sayur untuk memberikan asupan gizi berupa vitamin dan mineral.

Kedua senyawa tersebut dapat memberikan kinerja baik untuk sistem pertahanan tubuh. Selain itu, Anda perlu menghindari beberapa makanan yang dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh agar tubuh tidak mudah sakit, sehingga dapat membatasi aktivitas Anda.

Makanan Apa Saja yang Dapat Menurunkan Sistem Imun Tubuh?

Terdapat beberapa makanan yang tidak boleh Anda konsumsi secara berlebihan. Apabila Anda mengonsumsinya secara tidak terkendali dapat memicu melemahnya kondisi kesehatan Anda, beberapa makanan tersebut meliputi:

  1. Bahaya Konsumsi Gula Berlebih

Anda perlu mengurangi kebiasaan mengonsumsi gula berlebih setiap hari. Hal ini dikarenakan gula dapat menekan atau menurunkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, kadar gula dalam darah yang tinggi dapat menekan kinerja leukosit untuk memberantas bibit penyakit. Batasan konsumsi gula berdasarkan Kementerian Kesehatan RI memiliki kisaran nilai 50 gram atau setara 4 sendok makan tiap orang setiap harinya.

  1. Kurangi Mengonsumsi Minyak untuk Jaga Kesehatan

Makanan yang mengandung minyak maupun lemak perlu dihindari karena dapat menekan sistem kekebalan tubuh dan membatasi kapabilitas sel darah putih. Tidak hanya itu, konsumsi lemak atau minyak berlebih dapat memicu terjadinya penyakit berbahaya seperti, kanker, diabetes, penyakit jantung koroner dan lain sebagainya.

Sel lemak berlebih dapat menyebabkan pelepasan zat kimia yang berdampak pada penyakit radang kronis. Selain itu, lemak tersebut dapat merusak jaringan-jaringan tubuh yang sehat. Umumnya, batasan konsumsi lemak yang direkomendasikan dari Kemenkes ialah 67 gram atau setara 5 sendok makan setiap harinya.

  1. Konsumsi Garam Resiko Tekanan Darah Tinggi

Konsumsi garam terlalu banyak dapat memicu berbagai macam masalah kesehatan, beberapa diantaranya meliputi retensi cairan dan tekanan dalam darah tinggi atau hipertensi.

Tidak hanya itu saja, mengonsumsi garam secara berlebihan dapat menyebabkan penurunan sistem imunitas tubuh, kerusakan pada ginjal dan berkurangnya kemampuan tubuh melawan bakteri. Batasan konsumsi garam yang diperbolehkan menurut Kemenkes berkisar 5 gram setiap harinya.

  1. Konsumsi Alkohol Beresiko Merusak Sistem Daya Tahan Tubuh
    Apakah Anda sering mengonsumsi alkohol untuk menghangatkan tubuh? Perlu Anda tahu bahwa konsumsi alkohol secara rutin dapat melemahkan sistem pertahanan tubuh, saat tubuh diserang virus dan bakteri. Selain itu, konsumsi alkohol dalam jangka pendek saja sudah dapat merubah sistem imunitas tubuh. Terdapat beberapa kemungkinan penyakit yang muncul seperti kerentanan penyakit paru-paru atau pneumonia dan ARDS atau gangguan sindrom stress pernapasan akut.

Tidak hanya itu, terdapat beberapa gejala gangguan kesehatan seperti, proses penyembuhan luka terhambat, insiden komplikasi tinggi pasca operasi, pemulihan infeksi terhambat dan lainnya.

  1. Atur Konsumsi Kopi dan Teh Secukupnya

Bagi Anda yang menyukai konsumsi teh maupun kopi di pagi hari maupun saat bekerja, maka sebaiknya kurangi asupannya. Sebenarnya, kopi dan teh dapat meningkatkan sistem imun tubuh karena kandungan antioksidan tinggi jika dikonsumsi secara wajar.

Apabila Anda mengonsumsinya secara berlebihan maka dapat menyebabkan gangguan tidur, peningkatan resiko radang dan penurunan sistem imunitas tubuh. Anda dapat mencegah resiko dengan mengonsumsinya 6 jam sebelum tidur. Hal tersebut dilakukan untuk mengurangi gangguan pada tidur.

Sistem imun tubuh adalah bagian penting untuk menjaga aktivitas keseharian Anda tetap berjalan lancar tanpa hambatan. Maka dari itu, Anda perlu memperhatikan kondisi kesehatan dengan mengonsumsi makanan bergizi. Beberapa diantaranya sayuran, buah dan olahraga.