Perhatikan Hal Ini Setelah Memilih Susu Formula Terbaik Untuk Bayi

Perhatikan Hal Ini Setelah Memilih Susu Formula Terbaik Untuk Bayi

Bayi baru lahir masih belum bisa makan sehingga makanan utama bayi hanyalah ASI. bukan hanya itu saja, sistem pencernaan bayi yang masih belum sempurna juga menjadi alasan bayi tidak boleh diberikan makanan apapun selain ASI. Apalagi ASI termasuk faktor utama yang mempengaruhi pertumbuhan bayi. Namun terkadang ibu membutuhkan susu formula terbaik untuk bayi karena beberapa faktor.

Memberikan susu formula ke bayi biasanya karena rekomendasi oleh dokter. Tentu saja dengan beberapa alasan salah satunya yaitu produksi ASI ibu tidak lancar atau sedikit mengakibatkan kebutuhan nutrisi bayi tidak terpenuhi.

Pilihlah susu formula untuk bayi 0-6 bulan atau hingga 1 tahun. Jika memungkinkan, pemberian susu formula diikuti dengan memberikan ASI. Ini diperlukan agar nutrisi yang diperoleh bayi tetap bisa dari ASI meskipun sedikit.

Perhatikan Ini Saat Memberikan Susu Formula

Karena bayi masih memiliki sistem pencernaan yang sensitif, bukan hanya susu formula yang harus diperhatikan namun juga cara pemberian susu formula. Ini seringkali diabaikan oleh orang tua padahal merupakan faktor yang sangat penting dan wajib dipahami setiap orang tua.

Sebelum membuat susu formula terbaik untuk bayi, pastika telah mencuci tangan terlebih dahulu. Pastikan botol susu yang akan digunakan sudah bersih dan steril. Anda dapat menggunakan alat steril botol susu khusus atau bisa mencucinya secara manual sebelum dan setelah digunakan.

Pastikan tidak ada sisa sabun yang menempel. Sebaiknya gunakan sabun cuci botol bayi khusus dan hindari menggunakan sabun cuci piring biasa. Keringkan botol susu sebelum digunakan kembali. Kemudian anda dapat membuat susu formula sesuai takaran pada masing-masing merk susu. Apabila bingung, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter tentang takaran susu sesuai dengan usia dan berat badan bayi.

Pastikan untuk menggunakan air bersih yang sudah dimasak hingga matang. Sebaiknya susu tidak terlalu panas sebelum diminum agar tidak melukai area mulut bayi. Hal penting lainnya yaitu jangan pernah sekalipun menghangatkan susu formula menggunakan microwave atau memasaknya kembali.

Namun sebaliknya, Anda bisa merendam botol susu ke dalam wadah yang telah diisi air panas dan tunggu hingga beberapa menit. Setelah susu formula dibuat, pastikan untuk langsung menghabiskannya dalam jangka waktu satu jam. Setelah lebih dari itu, sebaiknya susu formula tidak dikonsumsi lagi.

Inilah beberapa hal yang harus diperhatikan setelah anda membeli susu formula terbaik untuk bayi. Jadi bukan hanya kandungan dan manfaatnya saja namun juga proses pembuatannya untuk tetap menjaga kualitas susu dan juga menjaga kesehatan bayi. Susu formula SGM menawarkan produk susu yang bernutrisi dan juga lengkap untuk bayi dan anak hingga berusia 12 tahun dengan jenis susu soya dan susu sapi.